----- · Merah-Putih · Quotes · Tentang Hidup

mad of anger…

rush

teringat, pagi, kejadian beberapa minggu yang lalu sewaktu perjalanan menuju tempat kerja, pagi itu semuanya berjalan seperti biasanya. bis terisi penuh tapi tidak sesak. ditengah jalan, terjadi pertengkaran hebat antar kernet bis dengan salah satu penumpang laki-laki paruh baya. tak jelas apa penyebabnya, hanya saja pertengkaran itu memecah fokus mayoritas penumpang yang tengah ‘menikmati’ perjalanan. nyaris terjadi bentrok fisik setelah ‘debat’ verbal yang dihiasi ungkapan-ungkapan yang tak nyaman di kuping. disisi lain, kontak fisik bisa dihindari karena beberapa penumpang terlihat mencoba melerai meski sebagian penumpang malah terlihat tak menghiraukan.

itu cuma satu contoh dari sekian banyak drama emosional yang sering kita santap sekarang. tiap hari, kita disuguhi berita-berita tentang emosi yang meledak-ledak, kerusuhan yang terkadang disulut oleh hal-hal yang sepele, pembunuhan bisa terjadi hanya akibat tatapan yang diartikan berlebihan, perang terbuka antar kampung hanya karena perebutan kembang desa, tikaman manis pisau ataupun belati karena senggolan di pentas pertunjukan organ tunggal, aksi anarkhi oknum suporter sepakbola yang sifatnya massive, sampai pertikaian elite yang justru menimbulkan aksi bar-bar di tingkat grass-root. adalah sekian banyak contoh kejadian yang terkadang terdengar miris untuk kembali terpikirkan.

” bangsa ini tengah berada dalam situasi mad of anger akibat dari transisi ke era demokrasi . begitulah adhyaksa dault, sang menteri pemuda, menanggapi fenomena ini.

kita memang telah lama terkurung, tak bisa berteriak. ketika kebebasan datang, tentunya kita tak mengharapkan dirayakan dengan cara-cara yang tak simpatik. kita terlahir bukan sebagai bangsa bar-bar yang haus peperangan. tak tahu apa sesungguhnya yang menjadi penyebab utama semua ini. yang jelas, apatisme mungkin bisa menjadi salah satu faktor. krisis kepercayaan sudah hampir mencapai klimaks, sementara hidup harus terus berjalan. semakin banyak orang yang merasakan bahwa tak ada yang bisa dipercaya, tak ada yang bisa mendengar.

untuk ibukota, ditemukan kasus perceraian yang dimulai pertengkaran antara suami dan istri didalam mobil akibat cek-cok dan emosi ditengah kemacetan yang kronis……..tak masuk akal, tapi nyata..!!!

well, mad of anger bukan kultur kita….tapi kini, menjadi fenomena yang mewabah di penjuru negeri.

-superunknown-

2 thoughts on “mad of anger…

  1. mang dah parah banget tuh wan…
    gw pernah ngobrol2 ma beberapa anak muda yang tinggal deket rumah gw.
    buat mereka, kekerasan itu membanggakan. rasanya bangga banget bisa ribut ma orang dari kelmpok lain. hufh… mau jadi apa bangsa ini…..😐

    untung di layap kita damai-damai aja yah🙂

  2. serba salah sih yaaa..mo coba cuek eeeh disangka ga berprikemanusiaan…mo ksh saran disangka mengganggu privacy org…laaaah bukannya sesama manusia hrs saling menasehati ya toh??🙂 let peace be on earth laaah supaya para artist mancanegara betah gelar konser disini n kita ga keabisan stok hiburan hehehehe *ngareeeeep*

    iyah mbak, sepertinya kedamaian memang mahal dan semakin langka ditengah hiruk-pikuk megapolitan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s