Tentang Hidup

bengak…!!??

op

pernah nonton nagabonar kan..?? pasti familiar dengan ucapan ‘bengak’ ..?? penasaran apa artinya..?? bengak adalah ungkapan asli utara yang bisa diartikan tolol, bodoh, dan kata-kata semacamnya. banyak keanehan dalam kosakata utara yang mungkin bisa membuat kita tersenyum simpul, berikut beberapa diantaranya…

  • pajak – pasar, di kawasan utara sumatera, pajak diartikan pasar tradisional dan pasar diartikan jalan raya. aneh bukan..?? jadi, ‘bibi pergi ke pajak membeli daging‘ dan ‘tabrakan beruntun terjadi di pasar itu pagi tadi‘.
  • kali = banget, cantik kali cewek itu, ‘, tolong jangan diartikan kalo cewek itu seperti sungai. kali = banget dalam bahasa sehari-hari disana.
  • pinggir – kiri, ketika anda berada dalam angkutan umum dan atau angkot di kawasan utara sumatera. maka jangan sekali-kali berujar ‘kiri bang supir, aku mau turun‘. disana, orang lebih lazim menggunakan ‘woi pinggir, mau turun aku’ ๐Ÿ˜›
  • pesong = gila, pesong itu artinya gila, sinting, dll. jadi kalau, superseleb show ala utara bisa menggunakan kalimat seperti ini “jangan pesong donk“…hihihihihihi
  • nyinyir = bawel, kalo cowok/cewek kamu bawel. maka, untuk nyembunyiin rasa kesal bilang aja ‘yank, kamu nyinyir banget siy’. kalo pacar kamu dari medan sekitarnya, jangan coba2, ntar pasti ditimpuk sendal๐Ÿ˜›
  • mobil – sepeda motor – kereta, disana, mobil biasa disebut motor, sepeda motor disebut kereta, sedangkan kereta api tetap disebut kereta api. perlu adaptasi yang lumayan lama untuk mengingat tiga keanehan ini..?? sounds weird..??
  • mopen – sudako, disana, angkot/angkutan kota biasa disebut ‘sudako’, mirip bahasa jepang bukan…?? dibeberapa bagian ada juga yang memakai istilah ‘mopen‘ untuk menyebut angkutan kota.
  • mentel, mentel = genit = pececilan. ‘dewi persik itu mentel kali yah‘. kalimat itu bila di-jakarta-kan akan menjadi : “dewi persik itu pecicilan banget yah“.๐Ÿ˜›
  • keyboard, disana, keyboard, diartikan sebagai pertunjukan organ tunggal. ‘kemarin, banyak pemuda mabok dan tawuran sewaktu nonton keyboard di hajatannya pak ucok’ hmm… keyboard koq ditonton..??๐Ÿ˜› tak jelas berawal darimana istilah ini, yang jelas ini bentuk pembodohan dan penyimpangan bahasa yang amat sangat keliru.

hmm…semoga bermanfaat, mungkin bisa dipergunakan jika sewaktu-waktu mampir kesana…

-to be continued-

-superunknown-

27 thoughts on “bengak…!!??

  1. wakakak… nonton keyboard.. seolah kita tuh nonton keyboard komponen pc gitu.. hehehe…

    iya, aneh kali kan du..?? masak keyboard ditonton ampe rela berantem2.. hihihihihi

  2. bengak? Wah bahasa minang tuh, artinya sama, namun penggunaan bahasa ini lebih pada penuturan kasar,

    sangat kasar jadi tidak dianjurkan untuk memakainya dari pada kena bogementah

    disana juga lumayan kasar, tapi karena dah terlalu sering didengar jadi terkesan biasa aja, contohnya, deddy mizwar aja bilang gitu๐Ÿ˜›

  3. wah..
    gak bisa gini nih..
    ah.. bengak kali pun..
    tersinggung juga aku..
    tabrak pake kereta yang aku beli di pajak baru tau kau..
    hahahahah..

    piss..

    hihihihi, sepertinya dah familiar sekali dengan istilah2 itu

  4. aq jd nostalgia mbak (ato mas?) ama postingan sampiyan.Aq dah lama ninggalin sumatra belasan taon.Kangen aq๐Ÿ™‚

    hmm… senang bisa ngobatin rasa kangennya si mas.. aku pria tulen koq mas..๐Ÿ˜›

  5. bengak bahasa palembang juga artinya bego.. hehehehehe

    heheheh… mari kita masyarakatkan sebutan bengak…!!! tapi jangan mem-bengak-kan masyarakat.. hehehee

  6. hahaha… cowokku orang medan.. dia kaget pas aq blg gene, “yank, kamu terpesong-pesong kan sama aq?“. hahaha…. gene neh kalo orang sok pinteeer….๐Ÿ˜›

    hihihihi, ini baru eksperimen yang berisiko.. rentan pemecatan..๐Ÿ˜›

  7. duh…balesan si anggaangelina bikin saya ngakak!
    lebar kali udah mulut kekeh gini..

    kekeh=ngakak

    hehehehe.. kekeh adek ni ya kan, jadi homesick awak kalo kayak gini..๐Ÿ˜›

  8. huuuuuaaaa….gw jg baru tau tuh klo mentel itu centil…tp overall…bahasa batak itu lucu banget de klo diperhatikan pronounciationnyah!jd pengen mudik hehehehe๐Ÿ˜‰

    wah, pengen mudik..??? koq sama yah๐Ÿ˜›

    1. Berabe = Hajab. Kurang lbh begitu.
      Cth : Pas malam Minggu aku datang ke rumahnya mau ngajak raon-raon (jalan2 -red) rupanya ayahnya baru pulang dari pajak, hajab kali aku ah..

  9. gw tau asal kata keyboard.
    maksudnya organ itu disamakan dengan keyboard.
    jadi klo mereka pada nonton pertunjukan organ, dibilangnya nonton keyboard…

    hehehe… lucu juga sih….๐Ÿ˜€

    sebuah analisa yang benar bung **komentator bola mode on** hihihihi

  10. eniwei, haries…berabe itu sama kayak ‘hajab’
    contohnya:

    “Wey, marah” bapak itu. Hajab kita kalok sampek dipanggilnya mamak bapak.”

    artinya:

    “Eh, bapak itu marah. Bisa berabe ntar kalo bonyok kita dipanggil.”

    meheheheh…
    saya ahlinya.

    dan bang tehaha, maap saya berulang kali komen.

    oia rul, lupa abang, untunglah kau ingatkan dek.. makasih yah..๐Ÿ™‚

  11. โ€œjangan pesong donkโ€œ wkakakkakakka,

    tambahan lagi nih, gara2 waktu dulu pernah training di JKT sekamar ama orang medan PUJA KESUMA, kalo di hotel kerjaannya MOROM melulu

    MOROM = TIDUR

  12. Bengak kan memang termasuk dalam kosakata Melayu, maka nya baik sumatera utara, Minang, Riau, Jambi, Palembang, dan Bengkulu familiar dengan kata “bengak”. Karena kita semua serumpun Melayu Sumatera.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s