Merah-Putih · Tentang Hidup

ketika ‘cerewet’ itu menjadi penting….

ssf

menyambung tentang postingan perempuan-perempuan hebat dibawah, seperti diberi petunjuk, kemarin malam saya tak sengaja menonton tayangan tentang kiprah ibu menteri ini. ‘menteri pantang mundur’ begitulah julukan yang diberikan atas kegigihan ibu menteri ini memperjuangkan kesetaraan dan kedudukan negara-negara berkembang dalam menghadapi permasalahan kesehatan global. konsep dasar neo-kapitalisme dan neo-kolonialisme menjadi dasar pemikiran sang menteri. berkali-kali, dalam setiap pertemuan forum kesehatan dunia, ibu ini ‘cerewet’ menyuarakan hak-hak negara berkembang yang semakin terhimpit oleh kekuasaan negara-negara maju dan kaya.

perlahan, apa yang diinginkan ibu menteri mulai terwujudkan. mata dunia terbuka oleh lantangnya suara sang srikandi. semua diawali ketika dia merasa gerah atas perlakuan tidak adil dan diskriminasi terhadap negara-negara berkembang. bagaimana tidak, virus yang nantinya dijadikan vaksin, dijual dengan harga yang sangat mahal, yang tentunya memberatkan negara-negara dunia ketiga. anehnya, virus tersebut didapat dari negara berkembang, termasuk Indonesia. lebih lengkap, cerita tentang ini, bisa kita baca di buku ‘ saatnya dunia berubah’ yang dikarang oleh ibu ini. semua kegerahan dan kegundahan ibu menteri ditumpahkan disini.

siti fadillah supari memang sosok yang sedikit ‘kontroversial’ . sejak menjabat, perubahan besar-besaran di departemen yang dipimpinnya pun dilakukan. perubahan formasi pejabat eselon, hingga kebijakan-kebijakan yang sebelumnya tak pernah terpikirkan, seperti ASKESKIN dan rencana pengaktifan kembali POSYANDU yang telah lama mati suri.

sepenuhnya mendukung perjuangan sang srikandi, perjuangan atas hak-hak kemanusiaan yang lama tertindas oleh perlakuan kapitalistik negara-negara maju. yah, saatnya dunia berubah, saatnya suara negara-negara dunia ketiga didengungkan. terlepas dari itu, pemilihan menteri atas dasar profesionalitas dan kapabilitas ternyata lebih ampuh ketimbang berdasar tarik-ulur kepentingan politik atau sekedar ‘mengamankan’ kekuatan partai politik di kalangan pemerintahan. ‘right man on the right place’ adalah sebuah istilah yang harus mulai dipikirkan elite negeri ini, agar kita tak terperosok lebih dalam lagi.

selamat berjuang bu, kebenaran tak akan pernah mati….!!!

* ditulis atas pro-kontra akan sosok sang menteri, setidaknya saya setuju dengan sikap vokalnya menyikapi kasus pencurian virus, berteriak lantang diatas dominasi negara-negara maju….

-superunknwon-

6 thoughts on “ketika ‘cerewet’ itu menjadi penting….

  1. sukurlah….

    kita punya ibu2 menteri yang berkompeten di bidangnya…
    termasuk ibu menteri keuangan kita itu😉

    sekarang tugas kita tinggal mencari ‘ibu’ untuk anak-anak kita🙂 hahahahahaha

  2. Cerewet dengan porsi dan posisi yang tepat akan sangat berguna, Pak🙂

    Lam kenal juga.

    iya pak, kalo gak ‘cerewet’ nanti dibegoin terus…

  3. eheemm…jd enak…wanita dibalik kecerewetannya sebenernya mengandung makna ingin ‘melindungi’ bukan sekedar cuap2 tanpa isi…semoga kelak kecerewetanku bisa berbuah manis seperti ini…amiiin😉

    aminn… saya berdo’a untuk cita-cita mulia itu…!!

  4. Bagi saya Menkes kita ini luar biasa. Mutiara didalam lumpur kekuasaan para komprador pemilik modal dan imperialis . Diantara kongkalikong pengusaha penguasa yang bau busuknya tercium di lumpur lapindo dan lumpur (tailing) perusahaan-perusahaan tambang.

    Penerus cita-cita besar Soekarno ini bila tetap konsisten, gigih, pantang menyerah akan jadi suluh negeri terpuruk ini.

    DR. Dr Siti Fadilah Supari for President?!!

    kita memang butuh figur pemimpin sejati, bukan penguasa..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s