Suasana Hati · Tentang Hidup

jangan takut merantau…..

grt

seorang kawan pernah merasa sangat gusar setelah tahu bahwa dia akan mulai bekerja di sebuah tempat yang tak pernah terpikirkan sebelumnya, maumere, di ujung timur indonesia. kegelisahan yang wajar, mengingat dia tak pernah berharap akan menerima panggilan kerja disana. ada banyak faktor yang membuat dia merasa tak ‘nyaman’ dengan kenyataan yang ada didepannya. pada dasarnya, setiap kita  memang tak pernah tahu apa yang terjadi dalam hidup kita, kita hanya berusaha dan berharap semua berjalan sesuai keinginan, namun tak jarang, hidup bertentangan dengan keinginan dan harapan kita.

merantau, adalah sebuah pilihan hidup yang memang harus diakui tidaklah semudah seperti yang kita pikirkan. menjadi seorang perantau adalah sebuah pilihan sulit, karena pada dasarnya, manusia memang cenderung memilih untuk hidup dan menjalani kehidupan di sekitar tanah leluhurnya, dekat dengan keluarga dan lingkungan yang telah dikenalnya, tanpa harus beradaptasi dengan lingkungan baru yang belum tentu cocok dengan ‘karakter’ yang memang telah terbentuk di tanah tempat dimana kita lahir, besar dan mengenal arti hidup.

banyak yang harus dikorbankan ketika jalan hidup menuntun kita untuk menjadi seorang perantau. awalnya, pasti kita akan merasakan tekanan psikologis yang relatif menggangu keseimbangan pemikiran. kita harus mulai belajar hidup sendiri, lepas dan mencoba survive tanpa orang-orang yang biasa memberi kita segalanya. berat, harus diakui. namun, perlahan semuanya akan menjadi lebih mudah ketika kita mulai menyatu dengan lingkungan baru. bahkan, bukan tidak mungkin kita berada di satu titik dimana kita merasakan tidak ada pembeda yang kontras antara tanah rantau dan tanah kelahiran.

sekali lagi, merantau dan atau menjadi seorang perantau adalah sebuah pilihan hidup yang memang akan sangat berpengaruh akan cerita hidup kita di masa yang akan datang. hidup adalah pilihan, dan kita tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dalam hidup kita.

ssekali lagi, jangan takut merantau..!! selalu ada jalan terbaik untuk setiap pilihan yang kita yakini. indonesia bukan hanya jakarta saja..!!

-superunknown-

13 thoughts on “jangan takut merantau…..

  1. yg jadi masalah itu merantaunya atau tempat rantauannya?kalo disuruh merantau ke luar negeri,dia gusar juga gak?

    sepertinya sih masalah jauh dari keluarganya..🙂

  2. salah satu kegusaran guah dalam bekerja adalah ketika diharuskan untuk merantau.. hal yang paling guah takutkan ketika merantau adalah guah melewati makan malam bareng keluarga guah yang disfungsional itu.. hehe

    hmm, makanya jangan takut..!! ayo..!!

  3. merantau dengan sudah ada “pekerjaan” mah tentu gampang. dulu saya aja merantau dengan modal nekat hi hi hi

    memang benar mas, kalo ada kepastian rasanya lebih ringan

  4. emang sih klo jauh dr keluarga gak enak, tp kan blon dicoba.Siapa tau gajinya gede plus dapet kehidupan layak? nanti kan bs pulang lg

    makanya, jangan pernah takut merantau, ayo..!!🙂

  5. dari dulu pengen merantau.. tapi belom diijinin sama orang tua..
    apa orang tua belom mau melepas diriku ya? padahal bukan anak satu2nya loh..

    dilematis tuh kayaknya, emank sih kadang orangtua berat melepaskan anaknya untuk pergi jauh, kebanyakan orang tua pasti berpikir lebih untuk masalah itu

  6. yang penting dijalani aja. kita ga akan pernah tau kalo kita ga mencoba. walaupun jauh, tapi itu akan jadi pengalaman buat kita.

    hidup memang tak akan pernah henti memberi kita pelajaran, ya kan pink..??🙂

  7. sy mah ga takut merantau..asalkan akomodasi lengkap…entertainment lengkap….full facilities deeeeh..hihihihihi.. *ngareeeep ajah*😉

    bah, berat kali syarat kakak ini..🙂

  8. ana merasa mrantau hal terindah karena sejak smp ana telah jauh orang tua jadi ga ada masalah dengan merantau. malah merantau membuat banyak teman dan banyak kesempatan emas yang tidak diduga sebelumnya. kenapa ngga tuh merantau siiiiiapa ,takut. buktikan pribadimu………………………….

    yups. semangat..!!

  9. aku sekarang sedang merantau….rasanya sedih bgt jauh dari rumah,,,teman2,,,orang tua
    saran aku kalau mau merantau harus siap mental
    masuk lingkungan baru yang belum tentu cocok dengan pribadi kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s