Tentang Hidup

kenapa homesick…??

ghh

‘ let me go home, i’m just too far from where you are, i wanna come home..!! ‘ michael bubble – home

libur panjang baru saja berakhir. mayoritas kita pasti baru kembali dari sebuah liburan yang menyenangkan. bersama keluarga, teman, ataupun kerabat dekat. lihat, ketika libur panjang tiba, antusiasme dan semangat naluriah membawa sebagian orang pulang kepangkuan tanah leluhurnya, menjamah kerinduan yang tertahan oleh sekat ruang dan waktu.

homesick, kecenderungan yang wajar. setiap kita pasti pernah dihinggapi. adalah kebohongan jika ada yang membantah kenyataan tersebut. semua berjalan apa adanya, hingga kita sampai pada titik dimana kita merindukan kata ‘pulang’, ‘pulang’ dan ‘pulang’. kata itu punya kekuatan, mendorong kita untuk melangkahkan kaki, pergi jauh menjemput segudang kerinduan yang kita impikan.

saya, harus mengakui, terlalu sering dikalahkan kebiasaan homesick ini. dalam kurun waktu setahun maksimal punya 3 kali kesempatan untuk menjangkau rumah itu. itupun sudah maksimal, tak mungkin lebih. jarak yang cukup jauh mengharuskan saya untuk bisa lebih kuat menahan perasaan yang sedikit menyiksa bila kerinduan sudah benar-benar memuncak. faktor anak bungsu..?? mungkinkah saya terlalu manja..?? sehingga selalu memikirkan kapan bisa pulang..?? kapan pulang..?? bisa ga yah pulang..??

bila ditelisik, inilah beberapa faktor utama yang menjadi penyebab kenapa saya kerap disapa homesick.

  1. keluarga. tak ada penjelasan lebih tentang ini.
  2. istirahat, rehat, dan apapun namanya. pulang berarti lepas dari rutinitas.
  3. kuliner khas ibu. adalah anugerah yang wajar bila dirindukan. ini semua tak bisa dibeli disini. apalagi kerang sambal itu.
  4. jajanan. ada kecenderungan, ketika saya berada di kampung, mulut ini tak akan bisa berhenti mengunyah, selalu ada pelesiran untuk sekedar memuaskan dahaga akan makanan-makanan yang dirindukan lidah ini. sate padang, durian, rujak dan jajanan khas kaki lima lainnya.
  5. kawan-kawan. senang rasanya ketika bisa bercengkrama dengan mereka. bertukar cerita sekaligus melepas kerinduan. terkadang, bisa menjadi sarana klarifikasi atas pertanyaan dan pernyataan semacam ini : ‘ wan, katanya kau dah nikah ya disana’..?? hah, nikah, tau darimana kau..?? gak betul itu..!!’
  6. wisata. biasanya kalo pulang, saya selalu menyempatkan untuk bisa maen ke danau terbesar di tenggara asia itu. menumpang menghirup udara bersih dan segar khas kawasan hutan pohon pinus.
  7. mencoba peruntungan dalam pencarian pasangan hidup yang tepat. hahahahaha🙂

ah, rasa homesick itu kian memuncak. tak sabar menunggu waktu untuk bisa menjangkau kehangatan rumah kecil itu. cepatlah berlalu hari-hariku, enam bulan lagi aku datang….!!!!!!

bagaimana dengan kalian, kawan-kawan..???

-superunknown-

50 thoughts on “kenapa homesick…??

  1. homesick sama homesweethome sama ga ya???

    pengen ngerasain gimana rasanya😀
    secara saya masih tinggal ma orang tua😀

    hihihihi, kalo gitu cepat pergi dari rumah..🙂

    1. jgn lah…beruntung msih eket dgn ortu….mcie tinggal am ortu..coba log ud jauh.susah…kya’Q ckrg…..kuangennnnnnnnnnnnnnnnnnnnn bgd……………

      1. saya mengalami homesick,..padahal saya lagi di bali,…. kota yang menyenangkan mungkin bagi orang2,. tapi saya merasa ga nyaman disni,,. saya pengen pulang aja di manado,..kotaqu,.. walaupun kecil,,.. i miss my place😦

  2. waaa..q juga pernah homesick,kangen banget sampe nangis pingin pulang😀 juga kadang kangen ma masakan mama dan kangen dipangku xixixixixi

    untung ga pengen disuapin🙂

  3. untung saya tinggal ama ortu, tapi di rumah yang berbeda… tapi gue puas kok, tidur bisa kemaleman, cuman sayang, kekurangan pasokan makanan.

    bah, ujung2nya makanan juga nih🙂 , emank perut ga bisa bohong..hihihihihi

  4. wew..
    sabar ya bang.. kalo pulang kampung, kopdar lah kita?
    heheheh..

    iya pok, blm pernah kopdar, pengen juga lah..

  5. bener banget tuh bang.. ridu juga pernah ngalamin jauuh banget sama orant tua.. ok.. sabar aja yah bang.. makanya cari pacar:mrgreen:

    hihihihi, makanya kalo pulang kan bisa nyari yang dianjurin ridu itu🙂

  6. ya…karena ada sesuatu yang sangat diidam2kan dirumah…ntah itu makanan, ato emang dah rindu ama keluarga..🙂

    berarti alasan kita hampir sama ya kan…

  7. walah homesick yah, dibawa ke dokter ajah si home nya, bang, lagi atit kan dia???

    *diguyur pake aer dari danau toba

    hahahaha, bingung nyari dokter kang, bantuin atuh🙂

  8. homesick mah faktor yg ada di setiap manusia, tp krn ada dorongan manusia utk mencapai kemakmuran yg lebih terkadang mengalahkan rasa homesick.

    nah, semoga saja jangan sampai ke titik itu, bahaya kalo ampe lupa segalanya…

  9. waktu baru2 pisah dari ortu sih rasanya emang gitu. tapi sekarang ga begitu homesick soalnya dibikin lupa sama tugas kuliah. lagian,,ehehe..biasanya telp rumah tiap pagi

    rutinitas terkadang bisa jadi obat ampuh untuk menghapus rasa rindu, tapi tak jarang juga berakibat kita semakin rindu sama rumah🙂

  10. masakan ibu>??wah saya juga nggak akan pernah lupa sama masakan ibuku🙂 sotonya itu lho..wueeenaaakkk🙂

    ternyata kita sama, we do love mom….

  11. iya banget.. sejauh apapun kita melangkah.. ke tempat yg mungkin jauh lebih hebat, rumah tetap yang paling nyaman. sy ngerasai itu waktu kerja di luar kota dan mesti kos.. tapi selebihnya jarang jauh dari rumah. skrg juga stay aja di kota kelahiran.

    rumahku istanaku, ternyata bukan ungkapan semata yah mbak…

  12. ah hanya enam bulan, akan cepat berlalu tuh🙂

    thanks dah mampir !

    hmm, mudah2an mbak, thanks juga yah dah mampir..

  13. iyaiya. biar kita tinggal di tempat mewah yang paling mewah sekalipun *apa sih?* rumah tetep jadi best palace ever laah.. sabar ya bang🙂

    bener mitt, aura rumah kita pasti selalu kita rindukan, makasih ya mitt…

  14. wahh gw belom pernah tinggal jauh jauh dari rumah sih jadi blom pernah ngerasain homesick tuuh .. tapi kalo gw ke luar kota juga kadang2 pengennya tidur di kamar rumah hhe . tetep d’best di homswithom !

    hoho.. duh banyak banget jomblo ya, gw ga kesepian jadinya ahaha

    iya nih, aku juga rindu ma suasana kamar super-ancur itu, rndu ma bau khas ruangan dan guling kesayangan🙂

  15. ajaran mitos, harus bawah tanah dari kampung halaman dan taruh dibawah tempat tidur hehehe…

    lah, saya baru dengar tentang mitos ini mas, lucu juga ngedengernya🙂

  16. Saya justru HOmesick kalau terlalu lama meninggalkan Bandung, padahal saya gede di Bogor :)) orangtua juga di Bogor.

    patut dipertanyakan nih kang, ada apa dengan bandung..??🙂

  17. terus terang aku belum pernah tau gimana yang namanya homesick itu secara aku belum pernah pergi jauh (merantau)

    mungkin nanti, hihihihi kayak judul lagu ariel ya mas..

  18. homesick kalo di kantor aku sini berarti pengen pulang krn masuk angin n yg bisa ngerokin cuma nyokap di rumah…😀 hahaha ga nyambung yah??

    ada benernya juga koq mas, kalo pulang kerumah saya gak pernah lupa minta diurut sama ibu🙂

  19. ga tau rasanya, masih serumah sama mamakuh soalnya…malah jadi pengen tau rasanya gimana kalau hidup sendiri…

    memang terkadang kesendirian bisa memberi banyak pelajaran, walau tak jarang kita harus tersiksa karena cenderung terus merasa sepi🙂

  20. faktor homesick gue sih karena kangen acara telepisi di sana. dan keluarga. duh, jadi kangen Bandung..

    kasihan diena, tinggal di negara yang kurang berbakat di bidang seni🙂

  21. kalo ada homesick..trus ada housesick juga gak ya? beda jauh gak sih sm morning sick(ness) …kalo yg ini sih udah pernah ngalamin, nyebeliiin banget!

    berarti semua yang berbau sick-sick itu ndak enak yah mbak🙂

  22. bubur kacang hijau buatan emakku memang tiada duanya. itulah yg membuat aku pgn cepet bisa pulang. tapi seperti cerita diatas, jarak yg cukup jauh dan pekerjaan yg membatasi ruang gerakku untuk bisa menghabiskan satu panci bubur kacang hijau buatan emakku

    *jadi pengen balik*

    kuliner memang selalu bikin rindu yah mas…🙂

  23. itu mah ia, gue juga pernah homesick pas ngekos dulu. tapi percaya deh kalo lo udah di rumah lo malah kangen ma tempat yang sekarang. sungguh aneh

    aha itu anehnya kita, makanya kalo pulang kampung ndak enak juga kalo kelamaan🙂

  24. Sama, sayapun juga begitu. Kadang-kadang saya mempunyai kerinduan untuk pulang ke kampung halaman. Apalagi di sana masih ada orang tua dan saudara.

    hmm, kita merasakan hal yang sama yah mas…

  25. ntar lama2 juga ndak terlalu homesick lagi..
    saya malah bingung kalo balik kampung,, temen-temen pada kemana ya😦

    ya mas, kadang malah mereka udah sibuk ma aktivitas masing2, jadi ndak sempat ketemu…

  26. tehaha .. maksudnya tadi setelah di review di banyak forum apa ya ??

    link exchange yuuk hhoho .

    jacket batik kan sebelumnya pernah jadi bahasan di banyak forum, bukan begitu mas.??🙂
    ok, kita exchange deh..

  27. Blog di atas sama bgt ama keadaan gw skrg.. Gw brsan nulis email sambil nangis.. Saking homesicknya… Padahal tiap hari webcam an ma kluarga n cw gw.. Moga2 pengorbanan kita yg berat ini akan terbayar lunas pada saatnya nanti… Amien.. Stuju?

  28. Hiks..
    saya tmbh nangis baca postingan di atas mua

    bener2 kangen ama rumah
    pdhl br ditinggal seminggu

    mklm seh nggak pernah pisah dari ortu
    skrg hrs kuliah di negri org

    bener2 ssh deh
    kangen rmh

    smg bener seperti yg diucapkan sm mas ageng

  29. Wah ternyata banyak juga ya yang homesick, aQ nih juga lagi homesick berat, pengen cepet2 pulang kerumah setelah merantau ke Jogja buat mencari ilmu tuk masa depan, rencana jumat ini mau pulang nih aku, dah kangen berat, biarin tugas kuliah menumpuk ga jadi halangan deh yg penting rasa rinduku terobati.

  30. gila, sekarang gw ngerasa lg homesick secra bntr lg kan libur natal and taon baru,,,,

    pertama kali gw psh ma keluarga yg namanya aer mata udh ky tsunami aja,,,g bisa brhnt ngalir

    selama beberapa bulan gw survive

    eh3333

    tiada disangka dan diduga akhirnya perasaan berkecamuk kembali disaat gw mw libur and pulang

    Aku pgn bgt waktu 1 bulan ini g kaya 1 taon

    PULANG

    i wanna go home….i’m coming back home

  31. Aku pengen pulang tapi gag mungkin juga ninggalin kuliah…

    Akh, dillemaaa….
    Kangen Mama, Kangen Papa, kangen Adekku (Tella & Monik)…

    Kenapa seh mesti jauh dari rumah…
    Hiksss…!!!

  32. iya.. skarng gw juaga lagi homesick.
    padahal dah 5 tahun jauh dari keluarga. tapi tetap homesick ajha. Apalagi klo baru pulang kampung. duh…..

  33. homesick… kadang2 c, kadang homesick perlu juga yah… coz gmn ya kabar kampung halaman, udah maju blum? coz terakhir pulang, masih underdeveloped bangettt… andai aja bisa memajukan kampung halaman…

  34. wah ternyata homesick emg berat,bener bgt tuh abisnya liburan trus harus balik ke perantauan gak gampang,berpikir postif aja dan byk beraktifitas mungkin jalan keluar yg baik
    saya juga lagi homesick nih abis liburan 2minggu doank dikampung dan sekarang harus menghadapi skripsi
    waduhhh

  35. sekarang aja ngerasain gimana HOMESICK tuch ………… sedih pisan …………… kalo jarak nya deket sich pengen rasanya pulang……….

Leave a Reply

