Tentang Hidup

merangkai kata, merangkai kehidupan…..

Joanne Kathleen Rowling mungkin tak pernah menyangka apa yang ditulisnya bisa menghasilkan efek luar biasa seperti sekarang. Ceritanya yang kemudian dibukukan, menjadi bacaan wajib di seluruh dunia, menjangkau seluruh sudut dunia karena memang diterjemahkan kedalam berbagai bahasa. Naif-kah apabila kita membandingkan apa yang telah dilakukan JK. Rowling dengan apa yang kita tuliskan sekarang..? Sebenarnya tidak, yakinlah jika kita tidak bermimpi bila kita mengkomparasikan diri kita dengan dia.

Kata, kalimat dan rangkaiannya punya kekuatan luar biasa. Kahlil Gibran wajar saja menjadi legenda, romantisme dan cara dia bercerita begitu memukau, dari dalam negeri kita mengenal kejeniusan Pramudya Ananta Toer, untaian cinta khas Sapardi Djoko Pramono, pemikiran revolusioner Widji Tukul, pesan kemanusiaan yang menyentuh ala Taufik Ismail dan WS. Rendra, dan masih banyak lagi penulis besar yang menegaskan jika tulisan itu bukan sekedar wujud aktualisasi pemikiran, tapi senjata ampuh untuk mempengaruhi pemikiran orang lain. Tulisan, lebih ekstrem lagi, adalah alat perjuangan dalam kompleksitas hidup dan kehidupan.

Dari semua cerita diatas, bisa diambil simpulan menarik tentang kekuatan sebuah tulisan. tulisan, tak bisa dipungkiri adalah mahakarya yang mampu menginspirasi, mahakarya sejati yang mengandung keabadian. dan bahkan ketika seseorang terkulai lemah tak berdaya, kita bisa merasakan kekuatannya lewat apa yang ditulisnya.

Maka, ketika kita menulis, sesungguhnya kita telah mampu melawan ketidakberdayaan yang sifatnya melemahkan. Yakinlah, apapun yang kita tulis, adalah bermanfaat, punya sisi-sisi menarik yang bisa memberi kita kekuatan, meningkatkan kepercayaan tentang betapa luasnya ranah pikiran kita yang belum terjamah.

Dan bukankah revolusi lahir akibat satu kata dan genggaman tangan yang menyerukan : LAWAN…!!!

Tetaplah menulis kawan-kawan, memberi cerah untuk setiap kelam hitam kehidupan adalah sebuah kemuliaan..!!!

Rangkailah kata, rangkailah kehidupan..!!

-superunknown-

53 thoughts on “merangkai kata, merangkai kehidupan…..

  1. pertamax….

    Pramoedya Ananta Toer. Guru dalam perlawanan dan perombak peradaban. Aku sepakat dengan pemikirannya tentang menulis โ€ Apapun bisa kau tulis, Menulislah, tulislah apapun itu, tulislah semuanya, menulislah tak peduli tulisanmu ditolak editor atau penerbit, tak peduli tulisanmu di larang atau dibakar, tetap menulis!!!โ€

    itu juga yang menginspirasi saya.. ayo tetap menulis..!!

  2. meski bermimpi menjadi novelis, tapi saya takut akan perasaan sakit ketika ditolak oleh editor yang mengatakan bahwa karya tulisan (yang sudah saya buat dengan hati, pemikiran yang tak sederhana, dan waktu yang tersita banyak demi merangkai kalimat) saya … tidak layak.
    Tapi kini, setelah banyak yang bilang bahwa menulis saja apa yang bisa kamu tulis dan tetap semangat melakukannya.. (termasuk kata2mu๐Ÿ™‚ ), saya tahu… saya tak boleh berhenti menulis hanya karena takut…. saya hanya boleh berhenti jika sudah tak ada daya lagi…
    thanks ya.
    It inspired me a lot!๐Ÿ™‚

    tetap menulis yah lala..!! pasti bisa..!!

  3. wah, bang iwan bisa membaca pikiran sayah nih.. lagi kepikiran juga apa tulisan sayah ini bisa membawa -setidaknya- sedikit pengaruh buat yang baca..

    semangat!

    iya bang roy..!! menulis itu mengasyikkan..!!

  4. wah, klo inget tulisan bung Iwan yg ini, jd inget ama lirik-nya slank yg nyinggung para anggota dewan YTH๐Ÿ˜€

    pengen buat yang kayak gitu juga bang..!!

  5. Tapi juga jangan dilupakan, pondasinya adalah membaca…;-) percuma saja kita nyuruh orang nulis, tapi nggak disuruh baca juga :))

    keduanya memang tak bisa dipisahkan karena saling berkaitan erat..

  6. kalo aku gak gitu suka nulis..tp sukanya baca.. apalagi baca erek2…
    wkikikiki…๐Ÿ˜€

    SE juga rupanya yah..?? sarjana erek-erek.. hihihihi, tak disangka๐Ÿ™‚

  7. Setuju…dan kebanyakan kita tidak menyadari itu.

    Yup… ketika mulut terbungkam, tulisan takkan bisa dihentikan bang..
    Teriak! [emang tulisan punya mulut ya?]๐Ÿ˜€

    hihihi, selalu ada kekuatan dibalik apa yang kita tuliskan..!!

  8. Dulu, aku selalu takut untuk menulis.
    Tapi semakin rajin membaca, semakin aku ingin menuangkan kata2 yang ada di pikiranku.
    Akhirnya aku mau nge blog. Aku mencoba menuangkan pengalaman, pikiran, pergumulan, dll ke dalam tulisan. Berharap tulisanku bisa menjadi berkat bagi banyak orang.

    Dan aku akui, menulis hal-hal yang positif menimbulkan aura positif juga di hati dan pikiran kita.

    Jangan takut berkata-kata teman-teman.

    Untuk Thh, thanks untuk postingannya yah.
    ๐Ÿ™‚

    hmmm… iya, tetaplah kita menulis…!! semangat..!!

  9. benerr… menulis itu kerjaan gampang2 susah. apalgi mrk yg dipengaruhi mood.. duuhhh cari mood yg pas utk nulis, susahnya minta ampun, jadi terpujilah mrk yg bisa menulis… ayo nulis!๐Ÿ™‚

    iya, kalo lagi stag memang bingung untuk menulis apa, tapi biarkanlah semuanya mengalir, dan kita pasti bisa..!!

  10. Yakinlah, apapun yang kita tulis, adalah bermanfaat, punya sisi-sisi menarik yang bisa memberi kita kekuatan, meningkatkan kepercayaan tentang betapa luasnya ranah pikiran kita yang belum terjamah.

    di blog sebelumnya, aku banyak menulis, tulisan yang terus terang kuangap sampah, sekedar melepaskan penat pikiran. Dan itu masih kupegang sampai aku menemukan sendiri tulisanku di kopas dengan sempurna (maksudnya bahkan judul dan komennya juga ikut di kopas) dan menjadi isi sebuah blog yang lain.
    Disaat itu, teman2 lama bilang, tulisanmu bagus, kalau ndak ga mu’in dia mo copas segitunya.

    Maka kembali lah aku myampah di blog:mrgreen:

    *tetep.. masih tulisan ga penting*

    nah, kita memang tak pernah tahu kekuatan dalam tulisan kita, ntuk itu marilah kita tetap menulis..!!

  11. cool…๐Ÿ˜Ž

    saya akan terus menulis Pak, menulis apa saja..
    *termasuk komen*:mrgreen:

    hihihi, komen kan juga tulisan mbak, hayooo..๐Ÿ™‚

  12. weeeeeeeeeeeeeeeeee…
    cuma sering miskin ide nih… gimana ya..

    kalo dah kayak gitu, berusaha aja meyakinkan diri kalo kita pasti bisa, dan kenyataannya kita memang bisa..semangat…!!

  13. ” kalau begitu mari kita mneyelam kesamudera kaya-kata,agar tercurah kata -kata menjadi sebuah tulisan mengali makna dan arti,walaupun dia datang dengan kata-kata sederhana………”

    hmm.. amazing..!!

  14. untung ada blog, salah satu sarana nulis ya ๐Ÿ™‚

    OOT: gambar di blogku dah bisa di klik tuh๐Ÿ™‚

    iya, terimakasih blog….!! udah yah mbak.๐Ÿ™‚

  15. so sweet…
    saya suka dengan paragraf terakhirnya…
    menyentuh dan membuat semangat setiap orang yang membacanya

    tengkyu

    tetap menulis kita ya bang..!! semangat .!!

  16. setiap rangkaian kata yang hidup adalah yang membuat pembacanya dapat membayangkan dan seolah melihat dengan jelas gambaran dari apa yang diceritakan suatu tulisan.

    nah, itulah enaknya menulis, kalau nggak kita coba tulis mungkin orang tidak pernah tau apa yang kita pikirkan..๐Ÿ™‚

  17. yups, benar sekali..apapun itu pasti ada manfaatnya๐Ÿ™‚

    iya, dengan begitu kita bisa lebih rajin menulis…!!

  18. “Yakinlah, apapun yang kita tulis, adalah bermanfaat..”

    Setuju banget bang,, makanya saya sering kesel lihat blog2 menghina tulisan sendiri.

    sebanarnya itu juga yang membuat kita takut untuk menulis..ya kan bang..?

  19. tulis sana tulis sini komen sana komen sini

    *lanjutin pengembaraan*

    menulis komen kan bagian dari menulis juga mas..๐Ÿ™‚

  20. memang kayaknya kegemaran menulis biasanya berawal dari suka membaca yah…?? aku juga memulai dari membaca… trus kadang dari membaca muncul ide… tapi kalo dulu ya akhirnya cuma jadi pemikiran… paling seneng sih sebenernya nulis hal2 yang sepele yg kita temui sehari-hari tapi menarik… gitu๐Ÿ™‚

    keduanya memang tak bisa dipisahkan, erat dan saling berhubungan, banyak hal yang bisa kita tuliskan setelah kita selesai membaca…

  21. daku menulis untuk menghibur diri sendiri dan orang lain… menulis itu menyembuhkan menurut daku๐Ÿ˜‰

    setuju..!! tulisan adalah obat untuk setiap jenis kegundahan kita..!!

  22. menulis dari ide, inspirasi, itu yang paling mantep..๐Ÿ™‚

    tapi, terkadang ide dan inspirasi itu mendadak langka sehingga kita bingung untuk menuliskan apa..

  23. kadang2 pikiran saya penuh dengan banyak hal, ide, pemikiran.. tapi rasanya malesss buat nulis. Tapi, setelah dipaksain juga, nulis sedikit.. eh.. hasil akhirnya panjang juga, hehehe.. apa emg dah bakat nulis ya *_^ halah.. ni sombong =p

    kalo dah bisa menulis awalnya, pasti mengalir deh tulisannya, akhir-akhirnya kita gak nyadar kalau hasilnya panjang…๐Ÿ™‚

  24. Kadang suka muncul ide sliweran di otak. Tapi gak ngerti cara nulisnya gimana. Klo udah gitu biasanya malah idenya ilang gtu aja. Huhuhuhu…

    memulai satu huruf ataupun satu kata didepan emank selalu menyulitkan yah dit, merasakan hal yang sama juga..

  25. makasih-makasih.. jadi tambah semangat buat ngeblog neh.. (padahal bentar lagi uts)

    wah, mau uts yah du..semangat aja deh..!! tuliskan apa yang bisa ditulis di lembar jawaban..!!

  26. nulis yang banyak…trus dijadiin buku. meski gak dipublikasikan, yang penting bisa buat koleksi pribadi…

    saya juga pengen mas, mudah-mudahan kita semua nanti bisa bikin buku..

  27. Sep! kadang dulu gak kebayang kalo menulis bakal jadi menyenangkan seperti ini๐Ÿ™‚

    wah, selamat deh karena dah berhasil mencoba merasakan enaknya menulis…

  28. memang sulit ya untuk menyampaikan apa yg ada di kebun benak kita, menulis adl salah satu cara terbaik..apalagi bwt orang yg susah komunikasi terbuka (kayak saya…)

    solusi juga untuk orang-orang yang punya masalah berkomunikasi langsung…

  29. tapi jujur sih, cempluk kadang males buat nulis..ada ide, saran ?

    mengawali sebuah tulisan memang adalah musuh untuk kita yang punya niat untuk menulis..!! kita juga tidak boleh mati karena keterpaksaan, kalau memang sedang stag, kita harus berusaha melawannya dengan semangat, menulislah dengan hati, bukan karena keterpaksaan..

    ayo menulis..!!๐Ÿ™‚

  30. Katanya mencatat itu adalah salah satu bentuk keinginan kita untuk belajar
    [jadi inget kata2 pa Sjukani, kurang lebih seperti itu๐Ÿ˜€ ]

    Ayo lah menulis๐Ÿ˜€

    bener, untuk menulis terkadang dibutuhkan ingatan juga..

  31. sungguh menyemangati, setidaknya semenjak beberapa hari terakhir kehilangan ide, pelajaran datang dari sini, ternyata “tulislah apa saja” Hm… bener juga!

    yuk , mari kita mulai membiasakan menulis..

  32. Hemm,,kadang-kadang dgn untaian kata yg menjadi sebuah kalimat dpt menggambarkan perasaan sy yg sebenarnya..
    Sy sk nulis,,

    mudah-mudahan kecintaan terhadap dunia tulis menulis bisa tetap terjaga yah..??

  33. Sapardi Djoko Damono,, ngefans banget sama musikalisasi puisi2nya..!! apalagi yang Aku Ingin.. huehe..

    tapi,, aku kok ndak gitu ngeh sama penulis2 serius itu yak..? ndak dapet mood nya ajah.. huehe..

    tapi tetep dung,, keep writing..!!๐Ÿ™‚

    sama mas, saya juga suka..apapun halangannya, kta harus tetap menulis..!!

  34. mampir nih ..
    thx for coming ya!

    iya nih mudah2an dengan rajin posting
    kemampuan menulis ane jadi makin terlatih
    n bisa bikin buku kaya JK. Rowling
    best seller, terus jadi Orang Kaya Baru
    terus resign dari kantor

    aaaah senangnya, hihihi

    **dunia khayal

    Cheers,
    Aji

    makasih juga sudah mau mapir yah.. teruslah menulis…!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s