Suasana Hati · Tehaha

byarrrrrrrrrpet….!!

pemadaman listrik mungkin jarang terjadi disini. sehingga dampaknya tidak terlalu mengganggu aktivitas kita, wajarlah, ibukota pasti diberi daya listrik berlebih agar tidak gelap gulita. belakangan ini, keluarga nun jauh disana kerap menelpon saya, saya senang karena merasa masih dirindukan🙂 , eh ternyata dugaan saya salah ” suntuk kali disini bang, mati lampu dari tadi siang, jadi daripada suntuk mending kami nelpon abang aja ” . saya sedih sekaligus terharu mendengar ucapan jujur ibu saya.🙂

disana, pemadaman listrik sudah menjadi hal yang biasa. sehari bisa 2 sampai 3 kali. dampaknya, ibu-ibu kehilangan beberapa bagian cerita sinetron langganan mereka, anak-anak jadi tak merasa bersalah karena tidak bisa mengerjakan tugas sekolah, bapak-bapak kebingungan karena permainan remi, domino, dan catur di warung-warung kopi ataupun lapo harus dihentikan. walau tak jarang, masih ada yang memaksakan dengan memakai penerangan lilin.

kawan-kawan yang kuliah juga sering mengeluh karena tak bisa fokus akibat pemadaman. bagaimana bisa fokus, kalau malam menjelang ujian tak bisa membaca apa-apa, kilah mereka.

ketika pulang lebaran tahun lalu, seorang anak yang duduk disamping saya berujar dengan polosnya ” pah, katanya mau mendarat, koq dibawah gelap banget sih, kayak di hutan aja ” . bisa dimaklumi, si anak yang tinggal di jakarta terheran-heran melihat kawasan sekitar bandara yang malam itu terlihat gulita, karena pemadaman listrik bergilir disekitar bandara. dan  hanya pemadaman listrik yang membuat saya tidak betah berada dirumah.

gubernur se-sumatera pernah mengadu ke presiden tentang hal ini. tentu saja ini karena kegerahan luar biasa yang dirasakan masyarakat.

saya melihat ada dua sisi berbeda dibalik pemadaman ini. di banyak tempat disana, praktik pencurian listrik masih marak terjadi, bahkan dianggap menjadi sebuah hal yang biasa. acara-acara hajatan juga biasanya selalu memanfaatkan jasa ‘tukang listrik’ untuk menjamin ketersediaan penerangan dengan ‘jalan‘ apa saja. di sisi lain, pabrik listrik negara terus merugi, subsidi listrik membengkak, dan krisis energi sudah di depan mata.

akankah era ‘obor’ datang kembali. dimana setiap pelajar belajar dengan lentera, dan harus mencuci muka agar muka tidak loreng kayak rambo. usai maghrib bapak-bapak bertugas menyalakan petromak dan ibu-ibu berjuang didapur dengan penerangan seadanya. setidaknya, begitulah cerita nenek saya tentang kehidupan di jamannya dulu, jaman dimana mulan jameela belum ada, dan pencekalan hanya untuk kompeni belanda, bukan untuk ‘dewi’ seperti sekarang ini. loh koq..??? hehehehe..

hematlah energi, untuk keabadian planet ini…

-superunknown-

48 thoughts on “byarrrrrrrrrpet….!!

  1. ngebaca judul postingannya, jadi keinget jaman-jamannya guah kuliah dulu.. di saat yang laen gemar menggunakan kata ‘kampret’, guah lebih suka kata:

    ‘byarpeeeeet!’

    haha..

  2. baru komen
    alhamdulillah di daerah rumah aku ko ga kena pemadaman bergilir ya..
    kalo gitu mulai saat ini kita hemat listrik dunks, hemat energi, biar ga keabisan🙂
    tiket kali keabisan

  3. hmm tapi sekarang udah enggak koq, dulu sih iya..malah parah kalee. sehari bisa 2x mati lampu dengan durasi sekali mati 4jam..!! langsung deh tambah pengeluaran beli genset plus bensinnya..huhuhu

  4. di sini juga sering mati lampu…😦 lagi diperbaiki lah… penggantian tiang listrik lah… de el el… yah cuma bisa nginyem doang… sambil berharap segera nyala lagi…

  5. hmm,,, ternyata di sana kyk gitu yah wan…..
    kmren juga pas hari minggu, listrik di kosan byar pet byar pet.
    nyaris aja ga bisa nyuci baju😆

  6. mungkin pemadaman listrik bagian langkah dari target PLN 75 100. 75 tahun Indonesia 100% daerah di indonesia teraliri listrik.
    doain aja..

    tapi emang kalo harus bgitu buat ngedukung target PLN harus ada sosialisasi… biar konsumen ga merasa dirugikan atau biar konsumen ga rewel
    😀
    semangat 17-22😀 matikan yang ga perlu.. hihi..

  7. Eamng sebel banget kalo pas penting n butuh tiba2 listrik mati mendadak….
    Hemat energi bukan hanya dengan pemadaman listrik tho?

  8. mari berhemaaattt!!
    tp klo hemat komen ga boleh yak??hehehe..:mrgreen:

    eniweiiii…boleh aja pemadaman tp jgn pas jam2 malam nanggung dunk kan mo belajar kitee.. *ky belajar ajeh*

  9. wheh… listrik mati mah cerita basi!! anda juga belum tau rasanya tinggal di mBantul… itu listrik suka mati sendiri, en kadang cuman segelintir doang yang modar listriknya… padahal kalo inget telat bayar kena denda, rasanya duongkol banget….

  10. well, who consume more electricity? Big corporation or the household? I mean, what’s the use if we keep saving energy if those big corporations keep wasting those precious resources.
    Saving energy is important, but don’t feel discourage if eventhough you keep saving energy there’s no effect whatsoever on mother earth.

  11. wkakakakaakak

    ga bisa berenti ketawa
    begitulah medan
    MEDAN IS LILINPOLITAN

    but somehow.. i still love medan

    *bensin buat genset sekarang susyah.. balik lagi ke lilin*

  12. paling benci kalo mati lampu pas ada film kesayangan tapi, harusnya kita tetap bersyukur karena di Indonesia masihada daerah yang masih menunggu listrik di lokasi mereka

    warmest regards,

    ivana

  13. “karena permainan remi, domino, dan catur di warung-warung kopi”

    duch kesian tuh bapak2 jd gak enjoy maen caturnya😛

    harus segera dipikirkan energi alternatip supaya penerangan bs tetap ada

    BTW mau FYI aja nih bang, saya ganti apatar (legend of a ang) makin ghantengz nan rhupawanz kan

  14. tehaha,

    setuju deh dgn posting km ini
    kek’nya krisis energi bnr2 dah parah
    iya aja qt di jkt ga gelap2an
    sodara gw yg di kalimantan pun ktnya dah mulai pemadaman bergilir..

    oia, di jkt nanti jam operasioanl Mall-mall itu akan dipangkas selama 1 jam.. biar lebih hemat lg!!

    -aji_

  15. tehaha,

    setuju deh dgn posting km ini
    kek’nya krisis energi bnr2 dah parah
    iya aja qt di jkt ga gelap2an
    sodara gw yg di kalimantan pun ktnya dah mulai pemadaman bergilir..

    oia, di jkt nanti jam operasioanl Mall-mall itu akan dipangkas selama 1 jam.. biar lebih hemat lg!!

    -aji-

  16. aku juga suka kena mati listrik di rumah.
    sialnya, mati listrik pas lg maen ps. atau lg nonton sinetron. haha sinetron gituloch.

    tp lebih sial lg.
    tiap aku belajar ko ga pernah mati ya listriknya?

    HAHA. enivvey, tiap kesini pasti bingung mau comment apa. hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s