Uncategorized

Empat Windu Universitas Terbuka: Bakti Tiada Henti Untuk Negeri

Education is the most powerful weapon which you can use to change the world – Nelson Mandela

Pendidikan punya peran penting dalam sebuah peradaban. Pemikiran yang bersumber dari proses pembelajaran membentuk karakter dan kepribadian manusia menjadi lebih paripurna. Pendidikan menjadi salah satu jalan untuk mengangkat manusia keluar dari sebuah momok bernama: kebodohan. Pendidikan adalah pelita. Dan seperti apa diucapkan Mandela, Pendidikan merupakan senjata yang paling ampuh untuk mengubah dunia. Sebuah ungkapan yang sepenuhnya benar untuk menggambarkan manfaat pendidikan bagi manusia, lingkungan, dan sebuah bangsa.

LOGO32-300x225

Tahun ini genap Empat Windu Universitas Terbuka (UT) hadir dan terus mencoba ‘menerangi’ negeri dengan menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan dapat menjangkau semua kalangan. Komitmen yang sejalan dengan visi Universitas Terbuka: Pada tahun 2021 menjadi institusi Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (UPTJJ) berkualitas dunia dalam menghasilkan lulusan pendidikan tinggi yang memiliki daya saing tinggi serta dalam mengembangkan teori dan praktek PTTJJ. Sebuah cita-cita mulia dalam usaha mencerdaskan dan membangun peradaban bangsa.

Menjawab Kebutuhan Akan Pendidikan Berkualitas

Seperti yang diamanatkan konstitusi, pendidikan adalah hak setiap warga negara dan negara mengusahakan dan menyelenggarakan sebuah sistem pendidikan nasional untuk rakyatnya. Pernyataan yang secara eksplisit menegaskan fungsi pemerintah dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memajukan sektor pendidikan. Perubahan paradigma pendidikan ke arah yang lebih baik menjadi sebuah kewajiban agar kualitas dan daya saing bangsa naik ke level yang lebih tinggi dan sejajar dengan negara maju di dunia, karena pada dasarnya kualitas pendidikan adalah salah satu parameter untuk melihat maju tidaknya sebuah negara.

logo-ut-small-transparent

UT sebagai institusi pendidikan tinggi mengembangkan sistem perkuliahan jarak jauh yang menjangkau seluruh mahasiswa tanpa harus terhalang kendala geografis. Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi memberi peluang bagi setiap orang untuk mengikuti perkuliahan jarak jauh yang diselenggarakan UT. Kemudahan tersebut menjadi salah satu keunggulan UT dalam usaha penyediaan layanan pendidikan yang berkualitas.

Sistem pembelajaran dan layanan online yang pada tahun 2010 mendapatkan penghargaan Quality Certificate dari ICDE (International Council for Open and Education). Inovasi yang kini berkembang ke pelbagai varian layanan online yang memudahkan mahasiswa: sistem registrasi online, toko buku dan perpustakaan digital, tutorial online dan layanan belajar mandiri, sistem ujian online, bahkan kanal UT kini dapat disaksikan di jaringan TV kabel. Fasilitas yang memberi ruang kepada mahasiswa untuk belajar dan meningkatkan kapasitas tanpa harus terhalang jarak dan waktu.

Jaminan kualitas pendidikan di UT dibuktikan dengan pemeringkatan program studi berdasarkan penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) serta Sertifikat ISO 9001-2008 yang diberikan dalam bidang Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh dan Manajemen Akademik. Dengan 4 fakultas, program pascasarjana dan program sertifikat, UT memberikan alternatif pilihan pendidikan tinggi dengan standar kualitas sangat baik dan sistem pembelajaran yang terintegrasi dengan sistem dan teknologi informasi.

Bekal Menghadapi Persaingan Global

Pendidikan adalah investasi, bekal menatap masa depan. Transformasi pendidikan berbasis kualitas merupakan jaminan menghasilkan generasi kompetitif dan adaptif terhadap perkembangan global yang sarat persaingan. Realitas persaingan global menghadapkan kita semua pada fakta bahwa keunggulan individual dalam bingkai semangat kolektif harus dikedepankan guna membentuk pribadi profesional dengan kompetensi dan keahlian yang dapat menjawab kebutuhan dan tuntutan SDM berkualitas dalam konteks persaingan global.

ASEANFlagWeb_default-920x430

Dalam lingkup regional ASEAN, dengan diberlakukannya ASEAN Economic Community (AEC) atau yang biasa disebut dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Indonesia harus menyiapkan diri dengan menyusun formula komprehensif dalam konteks pembangunan SDM. MEA sebagai salah satu bentuk persaingan global, harus dipandang sebagai tantangan sekaligus peluang. Apabila dianalogikan sebagai sebuah produk, maka SDM harus dilabeli atribut kualitas dan keunggulan lainnya agar dapat diterima dan laku terjual di pasar global. Kemandirian di segala aspek menjadi sesuatu yang mutlak untuk diraih.

Menjangkau Semua

Making higher education open to all  menegaskan komitmen UT untuk membuka seluas-luasnya kesempatan untuk seluruh putra-putri Indonesia mengenyam pendidikan tinggi sebagai bekal masa depan. Menjangkau pelosok negeri dengan mengadopsi sistem networking distance education, UT menjamin akses pendidikan dapat dijangkau oleh semua kalangan dengan metode belajar mandiri dan interaksi pembelajaran yang memanfaatkan  sistem informasi. Pemerataan kesempatan akan pendidikan berkualitas meminimalisir kesenjangan kualitas SDM antara kota dengan desa, sebagai bagian tidak terpisahkan dari usaha memperkecil gap kesenjangan sosial dalam masyarakat.

sebaran upbbj ut

Dengan 40 kantor UPBJJ termasuk layanan Overseas Support Office yang membentang di seluruh penjuru negeri, UT berkembang menjadi salah satu perguruan tinggi dengan jangkauan layanan terluas, melayani dan menyediakan fasilitas pendidikan yang dapat dijangkau oleh semua. UT memayungi penjuru negeri dengan ilmu, melayani Indonesia, negeri dengan rentang geografis yang sangat luas dengan puluhan ribu pulau yang terpencar.

Bersama Guru Cerdaskan Bangsa

ilustrasi-wisudawan-lempar-topi

Mendidik adalah memberi keteladanan. Dan guru adalah bagian terdepan, pemimpin dalam dunia pendidikan. Mengajar dan menularkan pendidikan pekerti untuk melahirkan peserta didik yang tak hanya cerdas secara intelektual, tapi memiliki budi agar bermanfaat dan berarti lebih bagi kehidupan. Menyiapkan generasi masa depan dan pilar bangsa adalah khitah sekaligus tugas mulia para pendidik. Dan UT menjadi bagian tidak terpisahkan dari tugas tersebut, mengingat data menunjukkan mayoritas mahasiswa UT adalah guru. UT menemani pahlawan pendidikan dalam mengabdikan diri, ikut dalam usaha mencerdaskan bangsa. Secara langsung UT berperan dalam peningkatan kualitas pendidikan dengan menjamin kompetensi dan kapabilitas para guru dalam mentransfer ilmu kepada para peserta didik.

Jumlah_Mahasiswa_UT_7Juni2016_Jenis_Pekerjaan

Merujuk data per Juni 2016, 214.271 dari total 299.317 mahasiswa UT atau 71,59% berprofesi sebagai guru. Data tersebut mengandung pesan bahwa UT mengemban amanah yang tidak mudah tapi amat mulia, bersama para guru mencoba membangun peradaban baru yang lebih maju lewat pendidikan. Sinergi antara UT dan kalangan pendidik menjadi sangat penting dalam perumusan dan keberhasilan tujuan utama pendidikan. Perubahan paradigma pendidikan menjadi sesuatu yang mutlak mengingat persaingan global menuntut perbaikan menyeluruh di seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan kalangan pendidik adalah aktor terpenting mewujudkan itu semua.

Bakti Untuk Negeri

cropped-BANNER-WEB-DIES-32_0

Pendidikan adalah bentuk pengabdian paling hakiki. Didalamnya ada nilai-nilai luhur yang dengan jelas merepresentasikan semangat pengabdian dengan menempatkan pembentukan karakter sebagai prioritas utama. UT memberi bakti terbaik untuk negeri dengan terus mencoba melahirkan pilar bangsa, cerdik cendekia dan generasi paripurna yang tidak hanya dilengkapi atribut intelektual, tapi juga menjunjung tinggi nilai moral, wawasan keilmuan dan karakter kuat guna mendukung keberlangsungan pembangunan bangsa. Menjadi mitra dalam pengembangan ilmu pengetahuan demi kemajuan peradaban.

Selamat ulang tahun Universitas Terbuka, tetaplah menjadi pelita, menerangi Indonesia. Berdiri bersama putra-putri terbaik Indonesia mengubah dan menaklukkan dunia.

Sumber foto :
www.ut.ac.id & www.asean.org
Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka 
dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-32. 
Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s